California Academy of Sciences / Akademi Sains California


California Academy of Sciences dibangun dan dirancang oleh arkitek Itali Renzo Piano. Akademi ini adalah yang pertama didunia mesra alam.




Sungguh menakjubkan melihat bagaimana rumput hijau seluas 2.5 hektar berada di atas atap akademi sains ini. Arkitektur bangunan yang bercampur dengan struktur baru, idea sangat original, menghubungkan secara visual dengan Taman Golden, jauh dari konsepsi lama . Atap tersebut diberikan dengan panel suria di atasnya.




Panas dan Kelembaban
Pemanas lantai (Radiant) akan mengurangkan penggunaan tenaga sebanyak 5-10%.
Sistem pemulihan panas akan menangkap dan memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh peralatan HVAC, mengurangkan penggunaan alat pemanas.
Atap ditanam akan memberikan lapisan isolasi superior termal untuk bangunan, mengurangkan keperluan tenaga Alternating Current.
Gelas / cermin bermutu tinggi digunakan di seluruh akademi, mengurangi tingkat standard penyerapan panas dan mengurangi kos penyejukan.
Sistem humidifikasi (Reverse osmosis)  akan digunakan untuk menjaga koleksi artifak, kelembaban ditetapkan pada tahap yang konstant, mengurangi penggunaan tenaga humidifikasi oleh 95%.




Cahaya Matahari dan Ventintilasi
Setidaknya 90% dari ruang diduduki secara teratur akan memiliki akses untuk dilihat siang hari dan di luar, mengurangi penggunaan tenaga.
Atap berjalur yang bergelombang akan menarik udara dingin ke plaza di tengah bangunan, pengudaraan ventilasi didalam ruang pameran. 

Skylight di atap akan terbuka secara automatik dan tertutup untuk mengeluarkan udara panas melalui bahagian atas kubah.
Skylight  ditempatkan diposisi 
strategik untuk memungkinkan sinar matahari menyinari hutan hujan yang hidup dan terumbu karang di dalam bangunan.
Tingkap bermotor automatik akan terbuka dan tutup untuk memungkinkan udara dingin ke dalam gedung. 
Photosensors dalam sistem pencahayaan lampu buatan akan menjadi redup secara automatik jika panas matahari terlampau terik di siang hari, mengurangkan tenaga yang diperlukan untuk menerangi ruang interior.

 

Tenaga Terbaru
Sebuah kanopi suria di sekeliling atap yang berisi 60,000 foto sel voltan akan menghasilkan hampir 213,000 kWh energi bersih per tahun (setidaknya 5% dari tenaga baru diperlukan Akademi ini), dan mencegah pelepasan lebih dari £ 405.000 emisi gas rumah kaca setiap tahun.
Sel-sel multi-kristal adalah sel tenaga yang paling efisen di pasaran, mencapai efisen minima 20%.




Efisiensi Air
Dengan menyerap air hujan, atap hidup Akademi akan mencegah pencemaran air hingga 3.6 juta galon air setahun (sekitar 98% dari semua air hujan).
Reklamasi air dari Kota San Francisco akan digunakan untuk mengepam tandas, mengurangkan penggunaan air untuk sistem kumbahan sehingga 90%.
Air masin untuk akuarium akan disalurkan dalam dari Samudera Pasifik, meminimakan penggunaan air minum untuk sistem akuarium. Nitrat limbah akan dineutralkan dengan sistem alam, memastikan bahwa air akuarium dapat ditapis menggunakan sistem reverse osmosis.



Atap Hijau
Sebuah link baru dalam koridor ekologi hidupan liar, atap hijau Academy baru ditanami dengan sembilan spesies asli California yang tidak memerlukan irigasi buatan manusia. Kawasan seluas 2.5 hektar, sekarang adalah petak terbesar untuk sistem vegitasi asli di San Francisco.
Sekitar 1.7 juta tanaman digunakan untuk menutupi atap hijau.
Tanaman asli akan menyediakan habitat bagi berbagai satwa liar. Pantai strawberi (Fragaria chiloensis) menghasilkan buah yang menarik burung asli, menyembuhkan diri (Prunella vulgaris) bunga periuk kera yang menarik dan kawanan lebah, pink laut (maritim Armeria) menghasilkan bunga pom-pom-seperti disukai oleh penyengat dan kupu-kupu, stonecrop (Sedum spathulitholium) menghasilkan nektar bagi kupu-kupu yang terancam San Bruno, kupu-kupu (platyglossa Layia) menarik kehadiran parasit dan serangga bajak laut yang memakan serangga hama, lupin miniatur (bicolor Lupinus) dan bunga poppy California (Eschscholzia californica) menyediakan nektar bagi lebah dan kupu-kupu, pisang California (erecta Plantago) host berbagai larva kupu-kupu, dan bunga-bunga kuning cerah yang dihasilkan oleh tanaman Goldfield (Lasthenia californica) menarik berbagai serangga asli.



Transportation
Akademi baru ini akan menyediakan tempat parking di pintu masuk depan dan belakang, serta stesen pam minyak di loading dock. Semua staf diberi elaun untuk menggunakan pengangkutan awam. Hal ini akan mengurangi masalah transportasi, kesesakan parking lot, dan menyokong perkembangan ekonomi daerah.




























source